Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep A6



Setiap organisasi/perusahaan mempunyai tujuan untuk selalu mempertahankan dan miningkatkan usahanya. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan pelayanan prima kepada konsumen/pelanggan yang diharapkan nantinya seorang konsumen berminat dan ingin membeli produk/jasa yang kita tawarkan.

A. Pengertian Pelayanan Prima


Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang dilakukan perusahaan untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang/jasa.

Pelayanan prima di dalam dunia bisnis sekarang ini lebih dikenl dengan istilah-istilah berikut ini:
  • Service Excellence, yaitu pelayanan istimewa/prima
  • Custemer Service, yaitu pelayanan kepada pelanggan
  • Customer Care, yaitu peduli pelanggan atau kepedulian terhadap pelanggan
B. Tujuan Pelayanan Prima 
  1. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
  2. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya
  3. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang/jasa yang kita tawarkan
C. Fungsi Pelayanan Prima
  1. Melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat
  2. Menciptakan suasana agar pelanggan merasa dipentingkan
  3. Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha
  4. Memenangkan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa yang ditawarkan
  5. Memenangkan persaingan pasar
  6. Memuaskan harapan dan kainginan pelanggan
  7. Memberikan keuntungan kepada perusahaan
D. Prinsip Pelayanan Prima


     1. Sikap (attitude)
          Sikap (attitude) adalah perilaku atau perangkai yang harus ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan, yang meliputi hal-hal berikut:
  • Pelayanan pelanggan berdasarkan penampilan sopan dan serasi
  • Pelayanan pelanggan dengan berfikir positif, sehat dan logis
  • Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
     2. Perhatian (attention)
          Perhatian (attention) adalah kepedulian penuh kepada pelanggan, baik yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya, yang meliputi hal-hal berikut:
  • Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan (listening)
  • Mengamati (observing)  dan menghargai perilaku pelanggan
  • Mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan
     3. Tindakan (action)
          Tindakan (action) adalah berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, yang meliputi hal-hal berikut:
  • Mencatat setiap pesanan pelanggan
  • Mencatat kebutuhan pelanggan
  • Menyatakan "terima kasih" dengan harapan pelanggan mau kembali
     4. Kemampuan (ability)
          Kemampuan (ability) adalah pengetahuan dan ketrampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program pelayanan prima, yang meliputi hal-hal berikut:
  • Kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni
  • Melaksanakan komunikasi yang efektif
  • Mengembangkan motivasi
  • Mengembangkan public relation sebagai instrumen dalam membina hubungan ke dalam dan ke luar organisasi/perusahaan
     5. Penampilan (appearance)
          Penampilan (appearance) adalah penampilan seseorang baik yang bersifat fisik maupun nonfisik yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain

     6. Tanggung jawab (accountability)
          Tanggung jawab (accountability) adalah suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud kepedulian untuk menghindari atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pelanggan



Sekian dari saya
Semoga bermanfaat
Thanks for reading my article😀😀



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dear Kamu Yang Jauh Disana

Menjadi Wanita Berharga